Responsive Banner design
Home » » Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Dengan banyak beredarnya madu palsu dipasaran sering menjebak para konsumen. Nah oleh karenanya kita harus pandai membedakan mana madu asli dan madu palsu. Madu asli adalah madu asli tanpa adanya campuran zat lain, sedangkan madu palsu telah dicampur agar volumenya lebih banyak sementara kadar madu murninya lebih sedikit.

Madu dari dulu hingga sekarang banyak diminati oleh banyak orang, hal ini tidak lain karena khasiat madu sangat besar baik kesehatan maupun kecantikan. Untuk mendapatkan madu asli, sobat bisa langsung datang ke petani madu, Insyaallah dijamin asli. Karena langsung memanen dari sarang lebah. Jika membeli langsung dari petani madu mungkin sulit bagi banyak orang, karena harus mencari dimana peternah lebah berada, sementara jaraknya bukan main jauhnya dari tempat tinggal anda.

Cara lain anda bisa membeli madu dari pedagang madu, namun anda harus lebih teliti sebelum membelinya. Dibawah ini beberapa tips untuk membedakan mana madu asli dan palsu. Cara membedakan madu asli dan palu.

Tips membedakan madu asli dan palsu

# Uji madu asli dengan kertas

Madu murni tidak mengandung air, anda bisa mencoba meneteskan madu diatas kertas. Setelah itu tunggu beberapa menit apakah madunya tembus atau tidak. Jika tidak tembus bahkan kertas robek berarti madu tersebut murni, tapi jika kertas tersebut basah hingga tembus atau robek berarti madu tersebut palsu. Biasanya madu yang dicampur dengan air (alias madu palsu membut kertas tersebut rusak.

# Uji madu asli dengan menggunakan air

Madu berasal dari nectar bukan air meskipur terlihat seperti air namun sangat kental. Untuk mengetahui madu asli, siapkan air putih satu gelas. Setelah itu tuangkan madu sesendok. Jika madu asli tidak mengandunga air, maka madu tidak tercampur dengan air. Madu langsung akan tenggelam dan turun hingga mengendap dibagian bawah. Meskipun air diaduk madu tidak bercampur dengan air. Nah, jika madu palsu ketika di tuangkan dalam segelas air madu akan langsung bercampur dengan air. Sementara madu tidak mau tenggelam ke dasar.

# Uji rasa madu asli

Semua madu memang manis rasanya, namun madu asli tetap memiliki rasa dan aroma yang khas hal ini karena madu berasal dari nectar. Sebagaimana kita ketahui bahwa jenis lebah, tempat lebah serta tumbuhan bunga yang dihisap oleh lebah akan berpengaruh pada madu yang dihasilnya. Aroma khas madu ini juga berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Madu asli memiliki memiliki rasa yang tak hilang meskipun tutup madu dibuka selama beberapa menit. Rasa madu bisa hilang bila dioleh dengan menggunakan suhu tinggi. Sementara madu palsu yang telah dicampur air, pemanis, gula rasanya bisa hilang jika bercampur dengan udara. Mungkin dominan rasa gula dan lengkes serta berkerak jika dipanaskan.

# Uji kelengketan madu asli

Madu asli meleleh secara berlahan jika anda meneteskan pada jari.

# Uji madu asli dengan menggunakan api

Anda juga bisa menguji keaslian madu dengan menggunakan korek api batang. Madu asli tidak mengandung air. Untuk mengujinya silahkan anda mencelupkan ujung korek api batang, kemudian bakar. Bila terbakar maka madu tersebut adalah asli. Sementara madu palsu biasanya diberikan air. Sehingga jika ujung koreka api batang dicelupkan ke dalam madu palsu akan basah dan susah dibakar. Selain itu anda bisa mecoba dengan celupkan batang korek api ke dalam madu asli, kemudia bakar, selanjutnya jatuhkan ke air. Batang korek api tidak tenggelam dan api tidak langsung padam. Sementera jika madu palsu korek api akan tenggelam dan api segera padam.

# Menguji Madu asli dengan pasir

Madu memiliki sifak kental dan ikatan sangat kuat sehingga bila diteteskan akan tetap menyatu. Teteskan air di atas pasir. Jika madu tetap tidak mudah menyebar berarti madu asli, dan sebaliknya bila tetesan madu tersebut langsung menyebar maka madu tersebut palsu.

# Uji madu asli dengan semut

Anda bisa menguji madu asli dengan meneteskannya. Kemudian tunggulah beberapa saat jika madu tersebut tidak dikerumuni semut berarti asli, karena madu asli tidak disukai semut. Dan sebaliknya madu palsu yang diteteskan akan segera dikerumuni semut karena mengandung zat gula.

# Menguji Kejernihan madu asli

Madu asli warnanya terlihat pekat dan biasanya terdapat kotoran dari serbuk sari atau sarang kotoran lebah karena tidak tersaring.

# Menguji madu dengan kristalisasi

Salah satu cara untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan metode pengkristalan. Hasilnya madu dimasukkan kedalam botol bening sehingga bisa dilihat. Masukkan atau simpan madu tersebut dan biarkan, proses kristalisasi.

Jika madu asli, maka akan mengental didasar botol dan membentuk kristal. Sebab inilah madu asli lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Sementara untuk madu palsu tidak ada pengkristalan di dasar botol atau bahkan endapan, madu akan tetap mencair.

Saat ini madu banyak digunakan oleh orang untuk membantu mewujudkan impian mereka untuk mendapatkan anak. Nah, jika anda, saudara anda, sahabat anda, taman anda sulit mendapatkan keturunan padahal usia pernikahan sudah bertahun-tahun, maka KONSUMSI MADU PENYUBUR INI.

MADU PENYUBUR KANDUNGAN
 
http://madupenyuburkandunganberkhasiat.blogspot.com/2018/03/madu-penyubur-kandungan-dan-penyubur-pria.html

MADU PENYUBUR PRIA

http://madupenyuburkandunganberkhasiat.blogspot.com/2018/03/madu-penyubur-kandungan-dan-penyubur-pria.html