Responsive Banner design
Home » » Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria

Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria

Sebelumnya usai kita membahas cara mencegah kemandulan pada wanita, nah untuk saat ini marilah kita ketahui apa saja tips untuk mencegah kemandulan pada pria. Baik wanita maupun pria sama-sama memiliki resiko kemandulan sehingga pasangan suami istri juga bisa disebabkan dari salah satu pasangan yang mandul entah itu wanita (istri) atau pria (suami). Setiap pasangan suami istri pastinya khawatir dengan kemandulan. Sebab kemandulan dapat menyebabkan sulitnya mendapat keturunan. Bahkan kemandulan sendiri sering manjadi penyebab hancurnya rumah tangga. Mencegah kemandulan bukan untuk para wanita dan pria yang sudah menikah, tetapi sangat dianjurkan agar menjaga kesuburan dan mencegah kemandulan sejak dini, sehingga kelak setelah menikah sudah siap untuk memiliki keturunan amin.

Diketahui banyak hal yang dapat menyebabkan kemandulan pria, seperti gangguan pada testis, ukuran testis, varikokel atau gangguan kesuburan, gangguan jaringan prostat, ejakulasi dini, diabetes, gangguan hormon hingga gaya hidup yang tidak mendukung kesehatan serta masih banyak lagi yang mungkin dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Jika anda pasangan suami istri, sementara istri sudah melakukan cek dan tidak ada masalah dengan kesuburannya, ini mungkin masalahnya terdapat pada pria.

Tips mencegah kemandulan pada pria bisa melakukan hal-hal berikut ini:


Hindari stress

Stress dapat menurunkan kesuburan dan kualitas sperma menurun. Memang tuntunan hidup dizaman modern ini sangat keras seperti ekonomi, masalah perkerjaan dan lain sebagainya tak jarang menjadikan seorang pria menjadi stress. Usahakan sekuat mungkin untuk menghidari stress agar tidak perpengaruh buruk pada organ reproduksi.

Hindari konsumsi alkohol

Setiap orang mungkin telah mengetahui dengan baik efek buruk dari minum alkohol, selain mengkonsumsi alkohon adalah larangan Agama, alkohol juga dapat merusak kesehatan termasuk menyebabkan kemandulan. Jika anda terbiasa minum alkohol maka jika anda tidak mau mandul maka mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk itu.

Berhenti merokok

Saran agar tidak merokok bukanlah hal baru lagi bahkan pada setiap bungkus rokok sudah tertera resikonya. Salah satu efek buruk dari merokok dapat beresiko pada kemandulan. Nah, jika anda sulit mendapatkan keturunan cobalah untuk berhenti merokok.

Asupan gizi seimbang

Nutrisi yang lengkap selalu dibutuhkan oleh tubuh setiap saat agar organ tubuh mampu berkerja optimal dalam hal ini juga menyangkut organ reproduksi pria. Cukupi asupan nutrisi terutama vitamin A, vitamin, vitamin B12, zat besi, inc, copper dan magnesium. Senyawa tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pria.

Lakukan olahraga rutin

Olahraga rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya seperti mencegah obesitas dan meningkatkan peredaran darah. Kelancaran peredaran darah hingga ke alat reproduksi pria dapat membantu meningkatkan seksual pria. Namun jangan lakukan olahraga berlebihan agar suhu tubuh tidak terlalu sering panas karena dapat mengganggu produksi sperma.

Majaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat menyababkan kemandulan karena menurunnya tingkat kesuburan pada pria. Oleh sebab itu jaga berat badan anda tetap ideal agar kualitas sperma tetap terjaga dan kondisi tubuh anda tetap sehat.

Menjaga pola makan

Di zaman sekarang banyak makanan dan minuman kurang sehat yang menggiurkan. Dengan memiliki makanan sehat dan menjaga pola makan dapat membantu pria menghidari kemandulan.

Hindari terlalu sering berendam di dalam air hangat

Berendam dalam air hangat memang dapat membuat tubuh lebih relaks setelah melakukan rutininas. Tetapi perlu anda ketahui sering berendam dalam air hangat dapat berakibat buruk pada produksi sperma. Oleh sebab itu batasi berendam dalam air hangat.

Hindari penggunaan obat pelumas

Penggunaan produk pelumas saat berhubungan suami istri memang dapat memberikan kenyamanan, tetapi bahan atau kandungan pelumas tersebut bisa berpengaruh bahkan membunuh sel sperma.

Jaga peredaran darah tetap lancar sampai ke alat reproduksi pria

Agar peredaran darah lebih lancar terutama pada bagian alat reproduksi pria sebaiknya hindari penggunaan celana dalam maupun celana luar tidak terlalu ketat agar tidak mengganggu aliran darah ke alat reproduksi pria.

Perhatikan foreplay ketika berhubungan suami istri

Jangan anggap remeh tentang foreplay, karena ini bisa berpengaruh pada kepuasan pasangan anda. Disamping itu memperpanjang waktu foreplay juga dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Menjaga kadar gula darah tetap normal

Kadar gula darah berlabih dapat mempengaruhi kesuburan pria. Kemandulan juga disebabkan karena penyakit gula darah ini. Oleh sebab itu, jika anda menginginkan keturunan cobalah agar selalu menjaga gula darah anda tetap normal.

Gaya hidup sehat

Gaya hidup berpenaruh pada kualitas sperma, Gaya hidup memang pilihan anda, tetapi jika anda menginginkan hal positif maka rubah gaya hidup anda lebih sehat. Kualitas sperma yang juga berpengaruh pada proses pembuhan dan seperma yang berkualitas bisa membuahi sel telor lebih sempurna.

Periksak ke dokter

Untuk memastikan kesuburan pria sebaiknya anda periksa ke dokter. Anda bisa periksa sekaligus berkonsultasi langsung ke dokter spesialis, mungkin ini sangat membantu untuk mengetahui lebih dalam masalah kemandulan.

Mengkonsumsi madu penyubur pria

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesuburan pria adalah dengan mengkonsumsi madu penyubur. Sekarang banyak tersedia madu penyubur, dimana madu penyubur ini secara khusus diproses dengan bahan herbal pilihan untuk meningkatkan kesuburan pria. Anda bisa mengkonsumsi madu penyubur pria bin dawood yang telah kami sediakan di sini. Anda bisa pesan madu penyubur pria DI SINI.

Itulah beberapa tips mencegah kemandulan pada pria semoga bermanfaat, dan untuk anda yang sulit mendapatkan keturunan, semoga lekas diberikan keturunan oleh Allah SWT. Aamiin.