Responsive Banner design
Home » » Jenis-Jenis Madu Asli

Jenis-Jenis Madu Asli

Jenis-jenis madu asli ini mungkin dibedakan berdasarkan jenis tawon yang menghasilkan madu tersebut. Mungkin anda sering mendengar atau membaca beberapa madu yang sering ditawarkan dipasaran. Tetapi anda tidak mengetahui jenis madu apa saja yang tersedia dan dijual dipasaran. Mungkin jenis-jenis madu ini memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda sesuai dengan jenis madu itu. mungkin juga anda sering membaca manfaat madu bagi kesehatan termasuk madu untuk kesuburan wanita dan pria, madu untuk kecantikan dan lain sebagainya. Madu sering dimasukkan ke dalam komposisi baik obat herbal maupun obat modern.

Manfaat madu sudah tidak diragukan lagi mulai dari pengobatan tradisional hingga pengobatan modern telah mengakui akan khasiat cairan yang dihasilkan oleh lebah ini. Kembali lagi ke jenis madu yang perlu kita ketahui. Selain jenis tawon atau lebah, jenis madu juga mengacu pada jenis bunga yang dihisap oleh lebah. Nektar bunga yang dihisap oleh lebah inilah yang sangat mempengaruhi jenis madu, yang secara fisik mungkin bisa dilihat dari warna madu dan rasa madu. Jenis-jenis madu asli telah kami rangkum di bawah ini.


Jenis  Madu Monoflora

Jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang hanya menghisap 1 jenis bunga. Sementara warna madu dan rasa madu berbeda yaitu berdasarkan pada jenis bunga yang dihisap oleh lebah tersebut.

Jenis Madu Embun (Honey dew)

Jenis madu embun atau disebut dengan honey dew adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah, lebah tersebut menyerap cairan menyerupai madu yang berwujud sekresi serangga tertentu. Cairan ini sering didapati pada kelopak bunga, pada tumbuh-tumbuhan, cairan atau getah tumbuhan yang dihisap oleh serangga lainnya.

Jenis Madu Ekstraflora

Jenis madu ini bukan dihasilkan oleh tawon yang menghisap nektar, madu ini sering ditemukan diluar bunga seperti di daun, batang bunga dan kelopak bunga.

Jenis Madu Campuran

Jenis madu campuran ini merupakan kombinasi dari beberapa jenis madu, sehingga berpengaruh pada warna, rasa dan tekstur madu. Madu campuran ini sudah banyak dihasilkan oleh beberapa negara diantaranya Argentina, Amerika Serikat, China, Meksiko, India, Ukraina dan Turki.

Jenis Madu Poliflora atau Madu Multiflora

Jenis madu ini dihasilkan oleh lebah, dimana lebih tersebut menghisap berbagai nektar dari berbagai jenis bunga tumbuhan. Madu ini kaya akan rasa dan dipercaya memiliki khasiat yang lebih besar karena berasal dari beragam jenis nektar bunga.

Sementara jenis madu yang dibedakan berdasarkan sumbernya (keberadaan lebah):

Madu Ternak

Madu tenak adalah madu yang diperolah dari hasil budidaya lebah. Budidaya lebah ini menghasilkan dengan tujuan komersial. Madu ini diambil di sarang-sarang lebah atau tangkaran lebah yang dibuat oleh manusia. Lebah yang dibudidayakan mungkin bisa menghisap dari banyak jenis nektar bunga dan bisa dari beberapa nektar bunga. Madu ini dijual dengan berbagai merk dipasaran, ada yang menamainya berdasarkan jenis tumbuhan yang dominan dihisap oleh madu, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa jenis bunga tumbuhan yang dihisap oleh madu ternak ini seperti:
Madu bunga sonokeling, Madu bunga randu, Madu bunga kaliandra, Madu bunga klengkeng, Madu bunga jambu mede, Madu bunga karet, Madu bunga apel, Madu bunga mangga, Madu bunga kopi, Madu bunga jambu air, Madu bunga rambutan, Madu bunga mahoni dan masih banyak jenis bunga madu yang lain.

Madu Hutan

Madu ini diambil langsung dari hutan, madu yang dihasilkan oleh lebah liar yang hidup alami dan liar di dalam hutan. Lebah-lebah penghasil madu hutan ini menghisap beragam jenis bunga nektar dari berbagai tumbuhan. Sehingga madu hitan dipercaya memiliki khasiat lebih mujarab di banding dengan madu hasil budidaya lebah.

Itula jenis-jenis madu asli yang banyak dijual dipasaran, sekarang anda sudah mengetahui apa saja macam-macam madu sehingga anda bisa memilih madu yang anda minati.